Postingan

Cerpen Boneka Misterius

Seperti biasa aku sekolah, apalagi hari ini adalah hari piketku.
“Vika, Jangan lupa! Kamu kebagian bersihin gudang sekolah!” kata ketua piket.
“Sabar ya, Vika!” kata temanku Talia menghibur.

Ketika aku akan mengambil sapu, Nessa menghampiriku.
“kamu juga kebagian bersihin gudang?” tanyaku. Dia tak menjawab tetapi hanya mengangguk.

Pada akhirnya aku dan Nessa pergi menuju gudang.
“kamu gak bosan? Setiap hari kamu rajin piket, apalagi kamu milih untuk bersihin gudang yang banyak debunya. Aku sih paling malas kalau disuruh bersihin gudang” kataku. Tetapi Nessa hanya diam saja dan terus membersihkan gudang. Aku perhatikan dia. Sebenarnya Nessa itu orang yang paling cantik di sekolahku dan juga pintar, tapi karena sifatnya yang pendiam akibatnya teman-teman menganggapnya misterius.

Aku tak peduli dia tak menjawab. Aku terus membersihan gudang sampai akhirnya aku menemukan boneka beruang warna putih dan terdapat pita merah muda di lehernya. Boneka itu besar dan sangat lucu. “siapa yang buang b…

Cerpen Sang Naga Dan Pemuda Yang Cerdik

Alkisah ada seorang petani yang mempunyai dua anak-anak laki. Keduanya tidak memiliki hubungan yang baik layaknya kakak dan adik saling menyayangi. Sang kakak sangat benci kepada adiknya karena ketampanannya. Hingga suatu hari mereka berdua diperintahkan sang ayah untuk mencari kayu bakar di hutan. Kesempatan ini digunakan dengan baik oleh sang kakak. Ketika adiknya sedang asyik mengumpulkan kayu bakar, tiba-tiba sang kakak menyergapnya. Dengan sekuat tenaga ia menahan tubuh sang adik. Ia mendorongnya ke pohon besar kemudian mengikat sang adik di pohon tersebut.     Sang kakak kemudian meninggalkan adiknya sendirian di hutan. Ia berpikir adiknya akan mati di hutan itu. "Pasti dia akan mati kelaparan atau dimakan binatang buas", pikir sang kakak. Ia kembali merapikan kayu bakarnya dan segera pulang ke rumah. Ia telah menyiapkan beribu alasan yang akan diutarakan kepada sang ayah untuk menutupi semua kejahatannya.     Disisi lain lewatlah seorang penggembala yang tubuhnya…

Cerpen Princess Pinochio

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang putri cantik yang tinggal di sebuah istana megah dan selalu dikawal oleh banyak prajurit yang gagah perkasa ketika sang putri ingin pergi ke luar istana. Namanya, putri Angelita. Sesuai dengan namanya, putri Angelita memiliki paras yang sangat cantik sehingga banyak pangeran terkesima oleh kecantikannya. Mata bulatnya berbingkai bulu mata lentik berwarna hitam kelam. Rambut panjangnya bergelombang sepunggung. Warna kulitnya senada dengan warna pasir merah. Namun, sayang... Putri Angelita ini senang sekali membohongi orang lain yang bertanya padanya. Sehingga banyak sekali pangeran yang akhirnya tak suka dengan sikap putri Angelita.     Hingga pada suatu hari, saat putri Angelita sedang berjalan-jalan di tengah keramaian kota. Datanglah seorang nenek tua yang kepada putri Angelita. Dengan hati bersungguh, nenek itu meminta tolong pada putri Angelita untuk menunjukkan arah menuju ke gunung Sukai, gunung yang dianggap keramat oleh sebagian pe…

Renungan Berhentilah Menyalahkan Tuhan

Baca: Ayub 10:1-22"Tangan-Mulah yang membentuk dan membuat aku, tetapi kemudian Engkau berpaling dan hendak membinasakan aku?" (Ayub 10:8)Penderitaan dan kesengasaraan yang terjadi di dunia ini tak memandang bulu dan dapat terjadi dalam berbagai bentuk: ekonomi, sakit penyakit atau hal-hal lain yang berhubungan dengan masalah keluarga. Penderitaan ini terjadi karena beberapa hal, antara lain akibat kesalahan atau dosa yang kita perbuat, dan yang lain adalah karena kehendak Tuhan, di mana Ia punya rencana yang indah di balik penderitaan itu.Umumnya bila penderitaan sudah mencapai puncaknya seringkali tidak tahan. Keluhan demi keluhan akhirnya keluar dari mulut kita, seperti Ayub pun berkata dalam keputusasaannya, "Aku telah bosan hidup,aku hendak melampiaskan keluhanku, aku hendak berbicara dalam kepahitan jiwaku. Mengapa Engkau menyebabkan aku keluar dari kandungan? Lebih baik aku binasa, sebelum orang melihat aku!" (ayat 1, 18).Ayub pun menyesal, mengapa ia dilahi…

Renungan Yesus Teladan Hidup Orang Percaya

Baca: Yohanes 7:14-24"Barangsiapa mau melakukan kehendakNya, ia akan tahu entah ajaranKu ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diriKu sendiri." (Yohanes 7:17)Yesus Kristus bagi umat Kristen merupakan tokoh dan pujaan yang tak ada bandingnya. Kehidupan Kristus di dunia demikian mengesankan dan mempesona, serta menghayati kehidupan. Dia datang ke dunia degan motivasi pengabdian penuh yaitu untuk melakukan kehendak Bapa. Pengabdian inilah yang membentuk dan mengarahkan seluruh jalan pelayanan dan kehidupanNya selama di dunia ini. Ada pun klimaks pengabdianNya ialah pengorbanan diriNya di atas kayu salib. "Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama di atas segala nama," (Filipi 2:8-9).Janganlah menjadi penonton dan pengagum saja, tetapi marilah kita menerapkan Yesus sebagai teladan dalam kehidupan kita.…

Cerpen Pengabdianku

By : Annisa Mega 
Aku adalah seorang guru. Keseharianku mengajar disekolah-sekolah, salah satunya SMP Dirgantara, Jakarta. Untuk menjadi gurumemang sulit. Namun itu tidak mematahkan semangatku untuk mengajar anak bangsa.Membuat mereka pintar dan bisa memimpin bangsa merupakan salah satu tujuan danimpianku. Menurutku bangsa Indonesia masih perlu beberapa pembenahan untukwarganya. Sekarang waktuku untuk membuat anak bangsa lebih berkualitas lagi.

Suatu hari aku mengajar seperti biasa. Tiba-tiba bapak KepalaSekolah mengumpulkan semua dewan guru untuk rapat. Sambil menyusuri jalansetapak menuju ruang rapat, aku berpikir apa yang akan dirapatkan pada siangini. Ku taburkan senyum kepada beberapa dewan guru yang sudah siap di mejamasing-masing. Tak lama bapak kepala sekolah pun datang.

“Selamat siang dewan guru. Hari ini kita akan membahas beritayang mendadak”, ucap bapak Kepala Sekolah dengan sedikit keraguan.“Apa itu berhubungan dengan sekolah kita, pak?”, balaskudengan perkataan yang berhat…

Cerpen Di sanalah Semuanya Berakhir

Ku susuri lorong belakang sekolahku, seusai jam kegiatan tambahan. Gelap menyelimutiku sore ini, membuat jantungku berdetak kencang. Bulu kudukku berdiri, mengingat betapa seramnya kisah masa lampau dari bangunan tua ini. Ya! Sekolahku memang dulunya milik belanda. Pintunya yang tinggi besar dengan arsitektur bangunan yang berlorong-lorong benar-benar berpadu, membuat nyaliku semakin ciut.

Aku sendiri di sini! Teman-temanku telah bergegas ke peraduan, sejak mentari masih menginjakkan kakinya tepat di atas bumi sekolahku. Hembusan angin yang masuk melalui celah-celah lorong di sini, membuat langkah kakiku semakin berat. Aku terus berjalan dengan sikap waspada, seakan ada sepasang mata yang sedang memperhatikanku. Sesekali ku arahkan pandanganku ke seluruh penjuru, namun hasilnya tak ku dapati apa-apa.

Psst!

Langkahku terhenti, sesuatu menabrak pikiranku. Darah dalam tubuhku, nyaris tak lagi mengalir. Air mukaku menggambarkan, betapa rasa itu mengusik otakku, Ya! Rasa takut itu semakin men…

Cerpen Si Buntung dan Putri Mutiara

Di sebuah pulau kecil nan terpencil,., kehidupan masyarakatnya adalah kebudayaan nelayan dan petani..di sebelah timur pulau itu dominan masyarakat terjun kelaut sebagai nelayan, dan sebelah barat pulau dominan pertanian... dari setiap kebudayaan, masyarakat ini selalu mengadakan upacara adat sebagai penghormatan terhadap dewa dan dewi mereka..     Dari desa petani lahir seorang anak laki laki yang berbadan mungil, dia terlahir tanpa kedua tangan. walau tak memiliki tangan laki laki ini adalah pemuda yang giat bekerja. dia menghidupi ibunya yang sudah renta dan buta.. setiap hari pemuda mungil dan tak bertangan ini menggarap sawah berhektar hektar, memanen hasil kebun dan menjualnya ke pasar.     Sebelah barat pulau, tradisi nelayan yang eksotik dan kompleks memiliki seorang wanita cantik dan tak kurang satu apapun..bahkan dia di anggap dewi oleh sebagian besar pemuda di desa nelayan tersebut. sang gadis bernama DWITA PUSPA HATI ini mahir dalam membuat perlengkapan menagkap ikan, …

Humor Keuntungan Membeli Rumah

Seorang pengembang real estate sedang mempromosikan rumah kepada seorang
pembeli.
Pengembang : "rumah ini memiliki beberapa
keuntungan dan kerugian."
Pembeli : "oh ya? saya ingin tahu dulu apa kerugiannya."
Pengembang : "di sebelah timur rumah ini ada tempat pembuangan sampah, di
sebelah baratnya ada pabrik cuka, terus di sebelah selatannya ada pabrik karet
& di sebelah utaranya ada tempat penampungan limbah pabrik."
Pembeli : "kalau begitu, apa dong keuntungannya ?"
Pengembang : "keuntungannya, anda akan selalu tahu dari arah mana angin
bertiup."Dua Bangsa BerseteruDua orang Arab naik pesawat terbang dari Washington ke New York. Yang satu
duduk dikursi jendela, seorang lagi dikursi tengah.
Menjelang keberangkatan, masuk lagi seorang Yahudi pendek gendut, dan
langsung duduk dikursi samping lorong, jadi disebelah orang2 Arab tadi.
Dia lepas sepatu2nya, jari2 kaki mulai dia lemaskan dan selagi dia baru saja
mau bersantai, …

Renungan Memperkatakan Firman Dengan Iman

Baca: Ulangan 30:11-20"Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan." (Ulangan 30:14)Kita mengungkapkan pikiran, perasaan dan gagasan melalui perkataan atau bahasa. Perkataan kita akan membentuk hidup kita, karena hal ini mempengaruhi jalan pikiran, pola hidup dan tidak tanduk kita. Firman Tuhan merupakan dasar bahasa iman yang dapat membangun kehidupan rohani kita. Bila rohani kita kuat berakar dalam Kristus, kita dapat dengan yakin merasakan kuasa Tuhan bekerja dalam hidup kita; dan di mana kuasa Tuhan bekerja, di situ pasti ada berkat dan mujizat.Alkitab menasihati, "Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu,..." (Kolose 2:7). Dikatakan bahwa firman Tuhan tidak jauh dari jangkauan kita, melainkan sangat dekat yaitu di dalam mulut dan di dalam hati kita. Jadi kita harus menggunakan perkataan Tuhan atau memperkatakan f…

Cerpen Andai Aku Tak Pernah Mengenalmu

Rasa rindu seringkali menyerang, mengganggu konsentrasiku. Terkadang aku ingin menghubungimu namun selalu saja kuurungkan niat itu. Semakin kusimpan rasa ini dalam dadaku, semakin sesak terasa. Entah dimana kau sekarang berada, aku hanya mampu menyentuhmu dengan hatiku.Saat itu, saat yang begitu indah bagiku. Aku mengenal seorang pria yang membuatku merasakan cinta yang begitu indah, cinta yang menghiasi siang dan malamku. Cinta yang membuatku mabuk kepayang. Cinta yang begitu sulit ku lukiskan. Saat itu, dia laksana pangeran hati yang tercipta untukku. Seorang pangeran yang kan menemani hidupku bak cerita dongeng. Pangeran yang telah meluluhkan hatiku.Cerita ini berawal ketika dua tahun yang lalu ada seseorang yang nyasar telepon ke rumahku. Setelah telepon nyasar itu, si cowok, yang akhirnya aku tahu namanya Joni, makin sering telepon ke rumah dan ngobrol berlama-lama denganku. Tadinya aku malas menanggapinya, tapi karena dia sering telepon akhirnya aku merasa asyik juga punya teman…

Cerpen L.D.R (Long Distance Relationship), It’s Okay!

Kisah ini bermula di sebuah tempat dimana terbentang luas hamparan hijau nan indah, Star Hill. Malam itu tepatnya Saturday night pukul 20.30 WIB, aku yang seorang gadis periang begitu girangnya berada di Star Hill ditemani oleh seorang cowok. Ya, dia adalah teman bermain sekaligus teman belajar, teman curhat, dan bukan teman biasa.Entah apa yang ada di benakku saat itu, rasanya tak seperti hari lalu ketika sering menghabiskan waktu bersamanya. Perasaan deg-degan tepatnya yang mampu menggambarkan suasana hatiku. “Mungkin dia lebih gelisah dan gak jelas perasaannya”, kataku dalam hati.Seminggu sebelumnya memang kami telah membuat kesepakatan bahwa malam itu adalah saatnya aku memberikan jawaban atas permintaan dia untuk menjadikanku pacar.“Hemmm…”, basa-basi yang terlontar dari mulut cowok tampan itu.
Lalu dia berusaha mengulangi lagi apa yang pernah dia katakan padaku.
“Sejak pertama kenal kamu sampai sekarang, kamu istimewa di mataku. Aku jatuh cinta sama kamu. Maukah kamu jadi pacark…

Humor Lomba Lari

Singapura menyelenggarakan lomba lari antara Goh Cok Tong dan Habibie Hasilnya
: Goh Cok Tong keluar sebagai juara.
Keesokan harinya, RRI menyiarkan berita:
"Kemarin, di Singapura berlangsunglomba lari antara pemimpin negara Singapura
dan Indonesia. Habibie dengan gemilang menduduki tempat kedua, dan Goh Cok Tong
satu nomor lebih kecil.Pekerjaan Suaminya Seorang ibu muda sedang mengadu pada temannya,
"aku terpaksa minta cerai dari suamiku."
"kenapa ?" tanya temannya.
"habis, hampir setiap malam kerjanya keluar masuk rumah bordil." jawab
si ibu muda.
"oh, jadi suamimu itu laki-laki hidung belang, toh ?" tanya temannya lagi.
"bukan begitu, dia ke sana mencari aku !" jawab si ibu muda. Salah Pakai Celana dalam Suatu sore Clinton dan Al gore wakilnya baru saja bermain golf & kelihatan
sekali. Clinton sangat berantusias dengan nada marah ingin pulang.
Dalam perjalan pulang mereka terlibat pembicaraan :
Clinton : " …

Renungan Injil Menyelamatkan, Asal....

Baca: 1 Korintus 15:1-11"Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu - kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya." (1 Korintus 15:2)Alkitab menegaskan: "...Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, ... Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: 'Orang benar akan hidup oleh iman.' " (Roma 1:16b-17). Banyak orang Kristen yang salah mengerti. Mereka beranggapan apabila sudah rajin ke gereja dan mendengarkan berita Injil pada jam-jam ibadah, pasti mereka akan selamat. Perhatikanlah: Injil sendiri tidak dapat menyelamatkan jika orang itu tidak berpegang teguh pada injil dan tidak percaya. Orang dapat saja mendengar berita Injil atau firman Tuhan lebih dari 1000x, tetapi apabila ia tidak berpegang teguh pada Injil (firman Tuhan) dalam hidupnya, sama juga menipu dan ia pun tak dapat disel…

Renungan Masalah : Proses Menuju Penggenapan Janji Tuhan (2)

Baca: Kejadian 41:37-45"Lalu Firaun menyuruh menaikkan Yusuf dalam keretanya yang kedua, dan berserulah orang di hadapan Yusuf: 'Hormat!' Demikianlah Yusuf dilantik oleh Firaun menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir." (Kejadian 41:43)Ketika mendapatkan mimpi-mimpi dari Tuhan, Yusuf belum memiliki gambaran yang jelas nyata bahwa tidak ada rencana Tuhan yang gagal. Melalui proses kehidupannya yang berliku-liku akhirnya Yusuf sungguh-sungguh menjadi besar, yaitu menjadi penguasa di Mesir. Sungguh luar biasa, Yusuf menjadi orang kedua di Mesir setelah Firaun. Lebih daripada itu Yusuf diberik hak dan kuasa, bahkan cincin raja dikenakan kepadanya.Kita percaya bahwa Tuhan juga memiliki rencana khusus bagi setiap kita. Dia memiliki rancangan yang baik, masa depan yang indah dan penuh pengharapan. Dia sudah membuktikan kasihNya: berkorban, rela menderita, bahkan rela menyerahkan nyawaNya di atas kayu salib untuk kita. Semua ini dilakukanNya supaya kita beroleh pengampunan, ke…

Cerpen Ririn, Taka dan Demensia

Ririn tampak gelisah melirik jam di tangannya, sudah dua puluh menit berlalu sejak Taka pamit ke toilet, diraihnya telpon genggam dari dalam tas tangannya tampak wajah Taka memenuhi layarnya, wajah yang selalu bisa membuatnya tersenyum.“Apa? Kamu serius Rin?,” Ana tampak terkejut saat Ririn menceritakan tentang hubungannya dengan Taka. Ia berharap Ririn hanya bercanda, namun Ririn justru mengangguk dan tersenyum begitu bahagia.
“Kamu tahukan gimana Taka?,” Tanya Ana masih tak percaya.
“An, cinta itu masalah perasaan dan saat ia datang tidak seorang pun yang bisa menolak kehadirannya,” Ana ternganga mendengarkan Ririn yang tampak mabok cinta hingga sanggup mengeluarkan kalimat sebijak itu.
“Jangan-jangan kamu dipelet,” Ana benar-benar tidak rela melihat temannya, Ririn, harus jadian dengan Taka. Bahkan semua anak-anak dikampus mereka tahu siapa Taka.Ririn tertawa mendengarnya, “Sekarang tuh udah jamannya komputerisasi, semua-muanya serba modern. Nggak ada lagi yang namanya pelet-pelet.…

Cerpen Memeluk Duka Dua Wanita

Aku masih ingat saat keluargaku pindah ke kampung tanah tosora pada tahun 1985. Saat itu, aku berumur 9 bulan. Sebelumnya, keluargaku hidup dalam gubuk di kampung bersebelahan yang tak jauh dengan kampung tanah tosora yang sebelumnya pernah menjadi ibu kota kabupaten wajo pada abad ke 15. Keluargaku yang kini beranggotakan 9 orang membutuhkan ruang yang lebih besar.Ayah telah pergi untuk selamanya meninggalkan aku yang masih berumur 9 bulan dan harus yatim serta ke-7 saudara-saudariku. Ibu bekerja sebagai ibu rumah tangga yang merangkap menjadi tukang tenun yang dijual ke pasar seharga seratus ribu rupiah per sarung dikerja kira-kira membutuhkan waktu selama satu bulan, karena beliau tergolong tua sehingga dia tidak terlalu cepat tangkap. Ibu yang menjadi single parent saat itu harus berjuang memperjuangkan ke delapan putra-putrinya yang masih dalam tanggung jawabnya. Demi kebahagiaan hidup kami, sekaligus untuk mempermudah beban ibu, maka aku dan dua orang kakakku harus tinggal bersa…